Rencana Pertemuan Prabowo dan Megawati: Kata Juru Bicara hingga Puan


TEMPO.CO, Jakarta – Rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terus menjadi sorotan publik. Akan tetapi, pertemuan tersebut belum terlaksana. 

1. Juru Bicara Prabowo 

Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan bahwa Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri akan bertemu sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

“Pak Prabowo tentu mengajak semua kelompok, termasuk ingin bertemu dan berkomunikasi dengan Ibu Megawati dalam waktu dekat, pasti sebelum Pak Prabowo dilantik,” kata Dahnil, pada Sabtu, 28 September 2024 dikutip dari Antara.

2. Tempat Bertemu

Ketua DPP PDIP Puan Maharani, mengatakan bahwa tempat pertemuan Prabowo dan Megawati bisa di mana saja. “Tempat hanyalah tempat, yang penting itu pertemuannya,” kata Puan saat ditemui di kompleks parlemen, Kamis, 26 September 2024.

Puan menilai bahwa Megawati dan Prabowo sama-sama punya keinginan untuk segera bertemu. Namun, kata dia, pertemuan tersebut belum terwujud hingga kini karena kedua tokoh belum menemukan waktu yang pas. “Enggak saling tunggu-tungguan, beliau berdua mempunyai jadwal yang sama-sama sibuk,” kata Puan.

3. Bagi-Bagi Jatah? 

Ketua DPP PDIP Stated Abdullah, mengatakan bahwa pertemuan Megawati dan Prabowo bukan untuk kepentingan bagi-bagi jatah menteri, melainkan untuk kepentingan bersama.

“Sebagai mana saya sampaikan, Bapak Presiden terpilih dan Ibu Mega akan bertemu untuk kepentingan kita bersama. Bukan untuk kepentingan bagi-bagi kursi,” kata Stated, Kamis 26 September 2024.

Iklan

4. Senyum

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga mengungkap reaksi Megawati soal rencana pertemuannya dengan Prabowo Subianto. Menurut Eriko, Megawati merespons wacana tersebut dengan tersenyum, termasuk saat membahas dinamika politik belakangan. 

“Sampai kemarin, saya bertemu dengan Ibu Ketua Umum dengan perkembangan yang ada, beliau tersenyum,” kata Eriko, pada Kamis, 26 September 2024.

Eriko juga menyebut hubungan antara dua tokoh itu berjalan baik. “Kalau secara pribadi, saya tahu persis Ibu Ketua Umum dengan Pak Prabowo itu sangat dekat,” ucapnya.

5. Waktu Pertemuan

Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, mengatakan pertemuan Prabowo Subianto dan Megawati akan berlangsung sebelum 10 Oktober 2024. “Jadi, enggak usah ragu. Pilpres sudah selesai. PDIP perjuangan ada di dalam bersama Pak Prabowo. Sebentar lagi Pak Prabowo ketemu dengan Ibu Megawati. Paling sebelum 10 Oktober,” kata Olly, Kamis 26 September 2024. 

SAVERO ARISTIA WIENANTO | NANDITO PUTRA | HANAA SEPTIANA

Pilihan Editor: Dahnil Anzar Beberkan Tiga Kriteria Calon Menteri di Kabinet Prabowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *