Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tak Bawa Anak-Anak saat Ikut Kampanye


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil, mengimbau masyarakat tidak membawa anak-anak mereka pada kegiatan kampanye. Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat mengunjungi Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Emil ini mengakui saat dirinya blusukan, selalu ada kaum ibu yang membawa serta anaknya. Menurut Emil, tindakan tersebut tidak melanggar ketentuan kampanye yang diatur dalam Undang-undang Pemilu.

“Tapi kalau blusukan seperti ini tidak bisa dihindari. Pasti bertemu warga yang sedang nongkrong di rumah sama anaknya. Mungkin lewat anak-anak lagi mau ke sekolah,” kata Emil, Senin, 30 September 2024.

Untuk itu, Emil meminta saat pelaksanaan kampanye resmi yang diselenggarakan partai politik, para ibu tidak membawa anak-anak. Dia juga meminta timnya untuk mengawasi hal tersebut secara ketat.

“Yang diimbau adalah jangan bawa anak-anak ke acara kampanye yang sifatnya resmi atau rapat terbuka atau di gedung,” ujar Emil.

Berdasarkan pantauan Pace saat kunjungan Emil ke Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, tampak sejumlah ibu-ibu yang memboyong anaknya. Mereka berkerumun untuk menyaksikan kedatangan eks Gubernur Jawa Barat ini.

Selain itu, Emil juga terlihat mendatangi mereka untuk berbincang sembari mengusap kepala salah seorang balita dan mendoakannya. Adapun Pasal 280 ayat (2) huruf okay UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu melarang kampanye pemilu melibatkan warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak pilih.

Regulasi yang melarangan melibatkan anak-anak dalam kampanye juga diatur dalam Pasal 15 huruf a UU No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal ini menyebutkan setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik. 

Iklan

Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta berpasangan dengan politisi Partai Keadilan Sejahtera, Suswono. Pasangan calon nomor urut 1 ini diusung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari 12 partai politik.

Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Ridwan-Suswono akan berhadapan dengan pasangan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, yang diusung PDI Perjuangan sera Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto yang maju lewat jalur independen.

Adapun tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 akan berlangsung pada Senin, 27 November mendatang. Saat ini masing-masing pasangan calon tengah melaksanakan kampanye yang dimulai sejak 25 September dan berakhir pada 23 November mendatang.

Pilkada 2024 sendiri digelar serentak yang diikuti 545 daerah yang terdiri dari 37 provinsi 415 kabupaten dan 93 kota se-Indonesia.

Pilihan editor: Cak Imin: PKB Putuskan Calon Pimpinan DPR-MPR Malam Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *