Dasco: Prabowo TIdak Bepergian ke Luar Kota dan Luar Negeri hingga Hari Pelantikan Presiden


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyebutkan Prabowo Subianto tidak akan bepergian ke luar negeri hingga waktu pelantikan presiden dan wakil presiden. Prabowo akan dilantik sebagai presiden Indonesia ke-8 pada Ahad, 20 Oktober mendatang.

Selain tidak ke luar negeri, Dasco mengatakan Prabowo sebisa mungkin akan mengurangi intensitas perjalanan ke luar kota. “Pak Prabowo memang menjaga ritme aktivitas, artinya tidak bepergian ke luar negeri atau luar kota untuk menjaga stamina,” kata Dasco saat ditemui di kompleks gedung DPR, Senin, 30 September 2024.

Dasco menyebutkan Ketua Umum Gerindra itu tidak memiliki persiapan khusus menjelang dilantik. “Yang jelas ritmenya dikurangi untuk menjaga stamina,” ujarnya.

Selain itu, ujar dia, meski berlangsung pada hari Minggu, pelantikan presiden dan wakil presiden tidak akan diundur ke hari Senin. “Menurut aturan itu tanggal 20, walaupun itu hari Minggu akan tetap dilaksanakan,” katanya.

Sebelumnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pilpres 2024. Pasangan calon ini unggul dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 atau 58,6 persen.

Iklan

Prabowo-Gibran sendiri diusung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari 13 partai. Selain mendapatkan sokongan hampir seluruh partai peserta pemilu, pasangan calon ini juga mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Pilihan Editor: Dasco Sebut RUU Perampasan Aset hingga PPRT Dibahas oleh DPR Berikutnya

Annisa Febiola berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *