Kata Partai Demokrat jika AHY Ditunjuk Jadi Menko di Kabinet Prabowo


TEMPO.CO, JakartaKetua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan, bila mendapat amanah sebagai Menteri Koordinator (Menko) pada kabinet Prabowo Subianto di pemerintahan mendatang, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan menjalankan amanah itu dengan baik.

“Kalau pun itu diamanahkan kepada Mas AHY, tentu insyaallah akan dijalankan oleh Mas AHY dengan baik,” kata Herman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Oktober 2024 seperti dikutip dari Antara.

Herman pun meminta semua pihak ikut mendoakan agar AHY didapuk sebagai menteri pada kabinet Prabowo-Gibran. “Ya, doakan saja mudah-mudahan beliau dipercaya dan diberikan amanah yang besar,” ujarnya.

Meskipun demikian, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan perihal penentuan kursi menteri kabinet pemerintahan mendatang kepada Prabowo selaku presiden terpilih hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Ya kita serahkan semuanya kepada Pak Prabowo karena kan Pak Prabowo sedang menyusun (kabinet) dan tentu apa pun yang diputuskan nanti menjadi hak prerogatif Pak Prabowo sebagai presiden,” ucapnya. “Nanti kita tunggu pengumumannya oleh presiden yang akan datang.”

AHY menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada kabinet Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dia dilantik pada 21 Februari 2024. Putra sulung Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diisukan akan menjadi Menko pada kabinet Prabowo mendatang.

Partai Demokrat Prioritaskan AHY Jadi Menteri Prabowo

Adapun Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan AHY menjadi prioritas utama partai untuk ditugaskan membantu jalannya pemerintahan Prabowo mendatang. Alasannya, kata dia, AHY memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni untuk didapuk menjadi seorang menteri di kabinet Prabowo.

“Jadi, kalau ditanya siapa usulannya, usulannya Ketua Umum kami, Mas AHY. Kinerja beliau terbukti moncer dalam pemerintahan dan partai,” kata Herzaky saat dihubungi pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *