Pramono Anung Ingin Tingkatkan Peringkat Indeks Kota World Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, menyampaikan keinginannya untuk mendongkrak peringkat Jakarta dalam indeks kota world melalui pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sumber daya manusia menjadi sangat penting dalam penilaian untuk indeks kota world,” kata Pramono saat menjawab pertanyaan panelis dengan subtema SDM di debat perdana, di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara, pada Ahad, 6 Oktober 2024.

Pramono mengatakan Indonesia menempati peringkat 74 dari 156 kota world berdasarkan hasil dari lembaga bernama Kearney. Pramono mengatakan bahwa sumber daya manusia menempati 30 persen sebagai indikator yang menentukan peringkat kota world mengacu pada versi indeks kota world oleh lembaga Kearney.

Pramono mengatakan fasilitas seperti Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat, dan KJMU harus betul-betul dihadirkan dengan serius oleh negara. Selain fasilitas kartu tersebut, Pramono mengatakan bahwa penyediaan activity honest turut andil sebagai solusi pemberdayaan SDM.

“Maka pemerintah harus sediakan activity honest setiap tiga bulan sekali di kantor kecamatan, bahkan kalau perlu di kantor kelurahan,” ujar mantan Sekretaris Kabinet itu.

Iklan

Pramono yakin bahwa dalam kepemimpinannya selama lima tahun, Jakarta akan menempati peringkat 50 dari 156 dalam indeks kota world.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta menyelenggarakan debat perdana bagi pasangan tiga calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta yakni Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno. Debat dilaksanakan pada Ahad malam, 6 Oktober 2024, bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara. Adapun tema debat perdana adalah “Penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota world”.

Pilihan Editor: Pramono Anung-Rano Karno Ingin Adakan Benyamin S Award

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *