Dharma Pongrekun-Kun Wardana: Tanpa Adab Tidak Akan Ada Keadilan di Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur  dan wakil gubernur Jakarta  nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, mengatakan bahwa mereka ingin mewujudkan Jakarta yang aman dan adil. Untuk mewjudkannya, kata mereka, diperlukan adab yang baik dari rakyat Jakarta. 

Hal tersebut diutarakan oleh keduanya saat memaparkan visi dan misi dalam acara debat perdana pemilihan gubernur Jakarta 2024 yang diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Ahad, 6 Oktober 2024. Keduanya memiliki visi “Menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan international yang aman melalui reformasi jati diri demi terwujudnya rakyat yang beradab, harmoni, mandiri, makmur, dan bahagia.”

“Program unggulan kami adalah jakarta aman karena indah adab rakyatnya,” kata Kun ketika memaparkan program secara umum.

Senada, Dharma juga menegaskan bahwa adab menjadi unsur penting untuk mewujudkan kota Jakarta yang aman. “Tanpa adab keadilan itu tidak ada,” kata dia. 

Kata ‘adab’ berulang kali diutarakan oleh pasangan calon jalur independen ini. Dalam segmen tanya jawab antar paslon, misalnya, Dharma Pongrekun mempertanyakan implementasi program pemasangan CCTV di semua RT dan RW yang diusulkan oleh Pramono Anung-Rano Karno. 

Terkait hal tersebut, Pramono menyebut pemasangan CCTV dipasang untuk mengurangi tindak kejahatan. “Rakyat ingin mereka menjadi lebih aman, persoalan bullying, kekerasan, pencurian, dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah narkoba,” kata Pramono. 

Iklan

Merespons jawaban Pramono, Dharma mengatakan bahwa akar dari kriminalitas adalah kurangnya adab. “Kejahatan itu ada di persoalan adab yang sudah hilang,” kata Dharma. 

Debat perdana ini mengusung tema “Penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota international” dan merupakan satu dari tiga rangkaian debat yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam schedule Pilkada 2024.

Dalam debat ini, paslon jalur independen, Dharma-Kun, melawan paslon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, beserta paslon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

Pilihan Editor: Dharma Pongrekun Sebut Pandemi Covid-19 Agenda Terselubung Asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *