DPR Bentuk AKD Baru Bernama Badan Aspirasi Rakyat


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut bahwa DPR sudah membentuk alat kelengkapan dewan atau AKD baru. AKD baru ini diberi nama Badan Aspirasi Rakyat, yang akan diumumkan pada 14 Oktober 2024.

“Yang jelas ada pertambahan AKD, Badan Aspirasi Rakyat,” kata Dasco saat ditemui di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin, 7 Oktober 2024.

Dia juga menyampaikan kabar terbaru mengenai penambahan komisi di DPR. Hingga saat ini, rencana penambahan dari yang sebelumnya 11 menjadi 13 komisi masih belum putus. “Komisi Insyaallah tanggal 14 nanti kami akan umumkan.”

Pada 14 Oktober 2024, kata Dasco, akan ada rapat dengan pimpinan-pimpinan fraksi. “Jadi, tanggal 14 itu kemungkinan kami adakan rapat dengan pimpinan-pimpinan fraksi dan kami akan menyampaikan pertambahan komisi kalau ada dan pertambahan AKD,” tuturnya.

Anggota DPR Mentioned Abdullah sebelumnya membenarkan isu penambahan komisi di DPR. Politikus PDIP itu menegaskan, nantinya DPR akan memiliki 13 komisi atau mengalami dua penambahan bidang. “Sampai saat ini, komisi disiapkan 13,” kata Mentioned di Kompleks Senayan pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Dia menyebut, rencana penambahan komisi tersebut sudah direstui oleh fraksi-fraksi di DPR. “Kalau 13 komisinya, Insyaallah kawan-kawan fraksi company.”

Iklan

Mentioned juga mengatakan DPR berencana menggelar rapat sebelum pelantikan presiden. Rapat tersebut bertujuan untuk membahas soal bidang dalam komisi ini dan juga pembagian anggota DPR di dalamnya yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 sampai 15 Oktober mendatang. 

“Supaya begitu presiden terpilih, di DPR sudah siap semua komisi ini,” kata Mentioned.

Alfitria Nefi berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan editor: Pramono Anung Dapat Pesan dari Guntur Soekarnoputra Usai Debat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *