Pratikno soal Peluang Masuk Kabinet Prabowo: Deg-degan Saya


TEMPO.CO, Jakarta Menteri Sekretaris Negara Pratikno tidak mau banyak komentar mengenai peluangnya masuk Kabinet Prabowo Subianto. Pratikno hanya mengatakan bahwa Kementerian Sekretariat Negara saat ini menyiapkan administrasi aparatur yang tengah diproyeksikan oleh Presiden terpilih Prabowo.

“Masuk tuh deg-degan saya,” kata Pratikno di ruang pers Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Pratikno menjelaskan bahwa selaku Menteri Sekretaris Negara, ia mengurus penerbitan peraturan presiden dan kementerian, serta surat keputusan presiden. Ke depanny,a nama-nama orang yang akan duduk dalam kelembagaan tersebut bakal dicatatkan dalam keppres.

“Tentu saja itu menjadi kewenangan Pak prabowo, kita belum tahu,” kata Pratikno ketika ditanya rencana Prabowo mengumumkan nama-nama tersebut. 

Pratikno menjadi satu dari beberapa nama yang ditengarai telah diusulkan oleh Presiden Joko Widodo ke Prabowo. Setidaknya ada lebih dari empat menteri yang diusulkan Jokowi untuk mengisi kabinet baru di pemerintahan selanjutnya. Para calon menteri itu adalah orang-orang dekat Jokowi.

Empat petinggi partai pendukung pemerintah dan dua kolega Jokowi menyatakan presiden mengusulkan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Umum kelompok relawan Projo Budi Arie Setiadi, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Listyo Sigit Prabowo.

Iklan

Nama-nama tersebut digadang-gadang masih menempati posisi strategis. Bahlil, misalnya, berpeluang mengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Mantan Menteri Investasi itu belakangan dilantik sebagai Menteri ESDM technology Jokowi menggantikan Arifin Tasrif. Selain posisi di kabinet, Jokowi disebut mengajukan Listyo Sigit Prabowo untuk tetap menjabat Kapolri. 

Budi Arie menuturkan bahwa Prabowo dan Jokowi acap berdiskusi soal pembentukan kabinet. Jokowi memberi masukan kepada Prabowo agar transisi pemerintahan berjalan mulus.

“Tapi kalau nama menteri itu hak prerogatif Pak Prabowo,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika itu kepada Pace, Kamis, 3 Oktober 2024.

Pratikno adalah tangan kanan dan operator Jokowi. Ia diduga terlibat berbagai manuver politik Jokowi. Ia diperkirakan akan mengisi posisi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Prabowo.

Pilihan Editor: Pratikno Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo sebagai Presiden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *