PKS Beri Bobby Nasution Surat Rekomendasi, Sodorkan Bupati Asahan sebagai Bacawagub


TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menyodorkan kadernya yang juga Bupati Asahan, Sumatera Utara, Surya, untuk menjadi bakal calon wakil gubernur (bacawagub) mendampingi Bobby Nasution di pemilihan gubernur (Pilgub) Sumut 2024. 

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan PKS memberikan surat rekomendasi kepada Bobby di Pilgub Sumut. Dia menuturkan surat rekomendasi itu satu paket dengan nama Surya sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Tadi (Surya) juga datang di acara penyerahan surat rekomendasi,” kata Mabruri saat dihubungi di Jakarta pada Jumat, 2 Agustus 2024 seperti dikutip Antara.

Surya menjabat sebagai Bupati Asahan sejak 2021. Sebelum menjadi bupati, politikus PKS itu menjabat Wakil Bupati Asahan selama dua periode, yakni pada 2010-2015 dan 2016-2019.

Adapun pemberian surat rekomendasi dukungan dari PKS kepada menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu dilaksanakan di Kantor DPP PKS, Jakarta, pada Jumat petang sekitar pukul 17.00 WIB. Acara penyerahan surat rekomendasi itu dilaksanakan secara tertutup.

Pada kesempatan itu, Bobby diterima oleh sejumlah pengurus DPP PKS termasuk presiden partai Ahmad Syaikhu. Bobby pun telah mengumumkan pemberian rekomendasi itu dalam akun resmi Instagram-nya. Dia mengaku bersyukur atas pemberian surat rekomendasi itu dan menyebutkan dukungan kepadanya semakin banyak.

“Tanggung jawab dan amanah yang diberikan ini akan saya perjuangkan dengan sebaik-baiknya demi memajukan Provinsi Sumatera Utara dan mensejahterakan masyarakatnya,” kata Bobby dalam keterangan foto di akun Instagram-nya.

Sebelumnya, Syaikhu sempat menyatakan mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution maju menjadi bakal calon gubernur dalam Pilgub Sumut 2024.

 “Ya PKS mengusung beliau, dan tentu kita mempercayakanlah kepada beliau,” kata Syaikhu pada Senin, 8 Juli lalu.

Namun beberapa jam kemudian Syaikhu meralat ucapannya karena partainya belum memutuskan dukungan kepada nama bakal calon untuk Pilgub Sumut.

Sejumlah partai politik sebelumnya telah mendukung Bobby maju di Pilgub Sumut. Partai yang mendukung Bobby di antaranya Gerindra, Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dukungan Gerindra dan Golkar untuk Bupati Asahan

Sebelumnya, dua partai politik Koalisi Indonesia Maju atau KIM, yaitu Golkar dan Gerindra, mengusung Bupati Asahan Surya menjadi bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Bobby di Pilgub Sumut.

Bobby saat itu menyambut baik penunjukan Surya tersebut. Menantu Jokowi itu mengatakan penunjukan Surya menjadi titik terang dari banyaknya nama-nama yang akan menjadi bakal calon wakil gubernur yang mendampinginya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *