Kabar Golkar Sepekan: Dedi Mulyadi Didukung untuk Pilkada Jabar dan Peluang Ridwan Kamil


TEMPO.CO, JakartaGolkar makin disoroti keputusannya setelah mendukung Dedi Mulyadi untuk maju ke Pilkada Jawa Barat atau Pilkada Jabar 2024. Setelah muncul kabar itu, nama Ridwan Kamil pun diprediksi makin dekat dipersiapkan oleh Golkar untuk Pilkada Jakarta. Berikut rangkuman Pace mengenai Golkar selama sepekan belakangan.

1. Dedi Mulyadi ke Pilkada Jabar

Golkar mengumumkan dukungannya terhadap Dedi Mulyadi untuk maju sebagai cagub di Pilkada Jabar. Kabar itu setelah pertemuan Dedi dengan utusan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko, serta sejumlah petinggi Golkar Jawa Barat di Bandung pada Jumat, 2 Agustus 2024.

“Kami tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kami mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat,” kata Singgih melalui siaran pers yang diterima Pace, Sabtu, 3 agustus 2024.

2. Ridwan Kamil ke Pilkada Jakarta?

Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto memberi isyarat partainya akan mengusung Ridwan Kamil atau RK untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Meski tak menyebutkan secara gamblang keputusan partainya untuk memajukan RK di Jakarta, ia menyebut pertemuan Golkar dengan Gerindra dan Dedi Mulyadi untuk Pilkada Jawa Barat itu telah jelas arahnya.

“Ya, kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa?” kata Airlangga pada Jumat, 2 Agustus 2024 dikutip dari Antara.

Sekretaris Jenderal DPP Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan, ada kecenderungan partainya mendorong RK sebagai bakal cagub di Jakarta. “Pak Dedi di sana (Jawa Barat) berarti otw RK jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, bagaimana setuju enggak?” kata  Lodewijk menjawab pertanyaan wartawan.

3. Airlangga Hartarto Didukung Menjadi Ketua Umum Golkar Lagi

Organisasi sayap Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia atau AMPI, menegaskan dukungannya kepada Airlangga Hartarto untuk kembali maju sebagai ketua umum di musyawarah nasional yang dijadwalkan pada Desember 2024.

AMPI sebelumnya telah menyampaikan dukungan itu pada 16 April 2024. Dukungan itu dibakukan dalam acara deklarasi dan penandatanganan pernyataan sikap oleh jajaran pimpinan pusat dan pimpinan daerah AMPI pada acara puncak peringatan HUT Ke-46 AMPI di Jakarta, Jumat malam, 2 Agustus 2024.

“Keputusan Rapimnas II Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Tahun 2024 tentang pernyataan sikap AMPI menetapkan dukungan kepada Bapak Airlangga Hartarto untuk melanjutkan kepemimpinan Partai Golkar pada Musyawarah Nasional Partai Golkar pada Desember 2024,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AMPI Ahmad Andi Bahri saat membacakan hasil rapimnas.

Iklan

4. Beda Pilihan dengan Demokrat

Golkar agaknya berbeda pilihan dukungan dengan sesama partai KIM, Demokrat, mengenai Pilkada Depok 2024. Demokrat Kota Depok memastikan bakal mengusung duet Supian Suri dan Chandra Rahmansyah di Pilkada Depok. Demokrat telah menerima pendaftaran mereka berdua sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok di kantor DPC Demokrat.

“Pak Supian Suri sekarang sudah ada pasangannya,” kata Ketua DPC Demokrat Depok Edi Sitorus seusai pendaftaran Supian dan Chandra pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Adapun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar melalui Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia telah lebih dulu menyerahkan SK atas nama Imam-Ririn untuk Pilkada Depok 2024 di Kantor DPP Jakarta Barat pada Kamis, 1 Agustus 2024.

5. Dapurnya Golkar

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons keputusan Partai Golkar yang menginstruksikan Jusuf Hamka alias Babah Alun untuk menjadi calon gubernur di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. Kaesang tak mempersoalkan jika Partai Golkar tak jadi mengusungya sebagai calon gubernur di Jakarta.

“Saya kira juga enggak masalah, ya, karena itu urusan dapurnya Golkar,” kata Kaesang kepada awak media di Arena Gaskan Minisoccer,  Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 29 Juli 2024.

SAVERO ARISTIA WIENANTO | RICKY JULIANSYAH

Pilihan Editor: Dedi Mulyadi Didukung Golkar Maju Pilkada Jabar 2024 hingga Pesan dari Airlangga Hartarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *