Ada Potensi PDIP Dukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat


TEMPO.CO, Jakarta –  Ada kemungkinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP merapat ke Partai Golkar yang usung Dedi Mulyadi sebagai calon Gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024. Asal, pasangannya berasal dari partai berlogo banteng itu.

“Dengan pasangan dari PDI Perjuangan. Mungkin,” kata juru bicara PDIP, Cyril Raoul Hakim alias Chico Hakim melalui pesan tertulis kepada Pace pada Selasa 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut Chicho menjelaskan, bahwa partainya tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan partai lain dan juga tidak ngotot untuk memajukan Cagub tapi bisa saja Cawagub. “Tidak akan ngotot menjadi cagub bisa juga jadi Cawagub, namun tentu ini masih belum kita tentukan  karena kita juga belum menentukan nama mana yang akan kita usung,” ucap Chico.

Sampai detik ini, ujar Chico, pada Pilkada Jawa Barat, PDIP masih terus menjalin komunikasi intensif kepada semua partai politik. Chico mengatakan, fokus dan prioritas partai berlogo banteng merah itu adalah ingin mengusung kadernya sendiri untuk dapat mengisi slot sebagai Cagub atau Cawagub di Jawa Barat.

Chico meneruskan, partainya masih mensimulasikan nama-nama, melihat kemungkinan nama mana yang pas dan punya kans untuk menang jika usung dari inner partai. “Lihat kemungkinan-kemungkinan untuk siapa yang paling pas dan punya kans untuk menang bila kami usung dari inner,” kata dia.

Di awal, Chico menjelaskan, PDIP menyiapkan dua kadernya untuk maju di Pilkada Jawa Barat 2024. Keduanya adalah Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dan anggota Komisi VI DPR Rieke Dyah Pitaloka.

“Dari Jawa Barat tentu kita tahu ada kader kader unggulan dari PDI Perjuangan, namanya mas Ono Surono yang juga ketua DPD, ada juga Mbak Rieke Dyah Pitaloka. Tentunya ada nama-nama lain yang masih juga kami cermati,” ucap Chico dalam pesan suara yang diterima Pace, Selasa, 6 Agustus 2024.

Iklan

Sebelumnya, Partai Golkar meminang mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi maju menjadi calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024. Hal tersebut diungkap usai pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar Jabar di Kota Bandung pada Jumat malam 2 Agustus 2024.

“Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat,” kata Singgih Jumat 2 Agustus 2024.

Seperti diketahui, Partai Golkar dan Gerindra telah mengumumkan akan mengusung Dedy Mulyadi sebagai calon gubernur di Pilkada Jabar. Dua partai itu menggandeng partai Koalisi Indonesia Maju lainnya seperti PAN, Partai Demokrat, dan PSI. Mereka bahkan menyebut akan menggandeng partai di luar koalisi dan menyebutnya dengan nama Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus.

MOCHAMAD FIRLY FAJRIAN

Pilihan Editor:
Mobil Wartawan Bocor Alus Tempo Dirusak di Tengah Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *