HUT RI di IKN, Glamping hingga Tak Semua Menteri ikut


TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah merencanakan perayaan HUT RI ke-79, pada 17 Agustus 2024, di dua tempat Ibu Kota Nusantara atau IKN dan Jakarta. Namun, upacara pengibaran bendera merah putih hanya akan dilaksanakan di IKN. Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli  Antoni mengatakan, ia sudah membahas persiapan upacara kemerdekaan di IKN dengan Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono

“Saya bertemu dengan Pak Bas kami replace semua perkembangan,” katanya di Cinepolis Cinemas, Senayan Park, Jakarta Selatan pada Senin, 5 Agustus 2024.

Upacara 17 Agustus atau HUT RI pertama di IKN bakal dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia akan didampingi presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. 

1. Glamping

Pemerintah menyediakan perkemahan mewah atau glamping bagi petugas upacara HUT RI di IKN. “Kalau upacara, nanti kami persiapkan rumah tinggal ASN (aparatur sipil negara) ada beberapa resort dan glamping perkemahan untuk peserta atau petugas,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang juga Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

Namun, Heru belum memerinci berapa unit glamping yang disiapkan pemerintah untuk kepentingan itu.

2. Pelatihan Tambahan

Petugas yang mengatur lalu-lintas pada peringatan HUT RI di IKN mendapat pelatihan tambahan. “Pelatihan tambahan tetap diberikan meskipun anggota sudah paham tugasnya,” kata Wakil Direktur Lalu lintas (Wadirlantas) Polda Kalimantan Timur Ajun Komisaris Besar Roni Mustofa, Selasa, 6 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, pelatihan tambahan diberikan untuk memastikan mereka lebih lancar lagi dalam menjalankan tugas mengatur lalu lintas. Polda Kalimantan Timur bekerja sama dengan unit Sabhara hingga Dinas Perhubungan.

3. Tarif di IKN

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mengatakan nominal tarif sewa kebutuhan alat transportasi dan penginapan untuk keperluan HUT RI di IKN tak bisa disamakan dengan situasi umum. “Memaknainya adalah jangan disamakan ‘apple to apple‘ dengan situasi yang umum,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Menurut Moeldoko, penggunaan dana APBN bagi kebutuhan perayaan hari nasional di Indonesia tidak ada yang mahal. Hal itu juga termasuk akomodasi resort bagi tamu penting atau VIP dan VVIP selama menginap di IKN. “Ya, bagi saya untuk kepentingan hari ulang tahun negara itu enggak ada yang mahal, selama enggak dipakai sesuka kita, dan semuanya bisa dikontrol,” katanya.

4. Penyangga Layanan Kesehatan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi penyangga pelayanan kesehatan pada HUT RI di IKN. “Sebagai fasilitas kesehatan terdekat dari Istana Presiden di IKN, kami telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang layanan selama kegiatan HUT RI. Koordinasi telah dilakukan dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara,” kata Direktur RSUD Sepaku Eka Wardhana, Senin, 5 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

5. Tidak Semua Menteri Ikut HUT RI di IKN

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, tidak semua menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti HUT RI di IKN. “(Di IKN) kami kan harus disesuaikan dengan komposisi kesiapan infrastruktur, ya,” kata Pratikno sebelum rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 5 Agustus 2024.

Pratikno mengatakan, ada menteri yang memang mengikuti Upacara 17 Agustus di daerah lain atau terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). “Ada menteri yang di daerah pinggiran. Jadi, nanti kami masih terus konfirmasi juga menteri-menteri yang menjadi inspektur upacara di daerah-daerah pinggiran,” kata Pratikno.

AISYAH AMIRA WAKANG | YUDONO YANUAR | DANIEL A. FAJRI | ANTARA

Pilihan Editor: Cerita Warga Sepaku yang Sulit Dapat Air Minum di Tengah Euforia Uji Coba SPAM IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *