Dasco Sebut Gerindra akan Umumkan PKB Gabung dengan KIM


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya segera mengumumkan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju atau KIM. Dasco menyampaikan hal itu usai mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2024.

“Ya nanti ada waktunya kami akan umumkan,” kata Dasco saat ditanya mengenai kepastian masuknya PKB ke KIM.

Dasco mengungkapkan pertemuan antara Prabowo dan Cak Imin membahas seputar pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta. Cak Imin juga mengundang Prabowo menghadiri Muktamar PKB pada 25 Agustus 2024.

“Tadi banyak bicara macam-macam. Bicara juga soal DKI,” kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tersebut.

Cak Imin menyambangi rumah Prabowo di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis malam. Dia tiba di rumah Prabowo sekitar pukul 18.40 WIB. Dia mengaku melakukan perbincangan dengan Prabowo. Dia hadir didampingi Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

“Tadi sudah lama enggak silaturahmi dan hari ini kami bersama-sama silaturahmi,” kata Cak Imin saat meninggalkan rumah Menteri Pertahanan itu.

Menurut Cak Imin, dia bukan hanya membahas pemilihan kepala daerah dengan Prabowo. “Ini membahas negara, ini bukan pilkada saja,” ujarnya.

Saat ditanya apakah pertemuan kali ini juga membahas peluang bergabungnya PKB dengan KIM Plus, Cak Imin tak menjawab lugas dengan balik bertanya. “KIM Plus itu apa KIM Plus?”

Cak Imin berada di rumah Prabowo lebih dari 1 jam. Dia bersama Jazilul satu mobil meninggalkan rumah Prabowo pada pukul 20.10 WIB.

PKB Pastikan Dukung Pemerintahan Prabowo

Adapun Jazilul mengungkapkan partainya akan menjalin kerja sama dengan Partai Gerindra dalam pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto mendatang.

“Kami bersama dengan Partai Gerindra. Dan kebetulan (Ketua Umum) Partai Gerindra sekarang yang menjadi presiden,” kata dia saat menggelar konferensi pers di kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *